EKSISTENSI BUDAYA BALI

LUBARA ONGKARA 

        Ongkara adalah Simbol Suci dalam Agama Hindu, yaitu simbol kemahakuasaan Sang Hyang Widhi. Di dalam Upanisad (Kitab Agama Hindu) ongkara disebut Niyasa artinya alat bantu agar memiliki konsentrasi menuju kepada Hyang Widhi, serta pemuja mendapat vibrasi kesucian Hyang Widhi. Niyasa atau sarana yang lain misalnya banten, pelinggih, kober, dll. Sebagai simbol suci Niyasa ongkara biasanya digunakan atau diletakkan pada tempat yang wajar karena disucikan. Dengan ditempatkannya ongkara pada tempat suci diharapkan umat Hindu mendapatkan kekuatan magis yang dibutuhkan dalam melancarkan serta mencapai tujuan upacara agama.


        Dalam simbol ongkara terdapat 5 nsur yaitu: 1) Nada, 2) Windu, 3) Arda Candra, 4) Angka telu/tiga (versi Bali), 5) Tarung. Kelima unsur ini melambangkan Panca Mahabhuta (lima elemen yang menyusun manusia), unsur-unsur sakti Hyang Widhi, yaitu:

·      Nada = Bayu, angin, bintang;

·      Windu = Teja, api, surya/ matahari;

·      Arda Candra = Apah, air, bulan;

·      Angka telu = Akasa, langit, ether;

·      Tarung = Pertiwi, bumi, tanah.

        Unsur-unsur Panca Mahabutha tersebut dinamakan Bhuwana Agung. Panca Mahabutha terdapat pula dalam tubuh manusia, yaitu:

·         Daging dan tulang adalah unsur Pertiwi

·         Darah, air seni, air kelenjar (ludah, dll) adalah unsur Apah

·         Panas badan dan sinar mata adalah unsur Teja

·         Paru-paru adalah unsur Bayu

·     Urat syaraf, rambut, kuku, dan 9 buah lobang dalam tubuh: 2 lobang telinga, 2 lobang mata, 2 lobang hidung, 1 lobang mulut, 1 lobang dubur, dan 1 lobang kelamin, adalah unsur Akasa.


In English

        Ongkara is a Sacred Symbol in Hinduism, which is a symbol of the omnipotence of Sang Hyang Widhi. In upanisad (Hindu Book) ongkara called Niyasa means a tool to have concentration towards Hyang Widhi, and devotees get vibration of the sanctity of Hyang Widhi. Niyasa or other means such as banten, pelinggih, kober, etc. As a sacred symbol Niyasa ongkara is usually used or placed in a reasonable place because it is sanctified. With the placement of ongkara in the holy place, it is hoped that Hindus will get the magical powers needed in launching and achieving the purpose of religious ceremonies.

        In the ongkara symbol there are 5 nsur, namely: 1) Nada, 2) Windu, 3) Arda Candra, 4) Telu / three numbers (Bali version), 5) Tarung. These five elements symbolize Panca Mahabhuta (the five elements that make up humans), the magic elements of Hyang Widhi, namely:

·      Tone = Bayu, wind, stars;

·      Windu = Teja, fire, solar/ sun;

·      Arda Candra = Apah, water, moon;

·      Telu number = Akasa, sky, ether;

·      Tarung = Mother earth, earth, soil.

        The elements of Panca Mahabutha are called Bhuwana Agung. Panca Mahabutha is also present in the human body, namely:

·       Flesh and bones are elements of Mother Earth.

·       Blood, urine, glandular water (saliva, etc.) are elements of Apah

·       Body heat and eye rays are elements of Teja

·       The lungs are an element of Bayu

·       Nerve veins, hair, nails, and 9 holes in the body: 2 ear holes, 2 eye holes, 2 nose holes, 1 mouth             hole, 1 anal hole, and 1 genital hole, are elements of Akasa.

        The elements of Panca Mahabutha in the human body are referred to as Bhuwana Alit. These elements of Panca Mahabhuta are related to the Pitra Yadnya ceremony performed when humans died where with the ngaben ceremony (ngapen=ngapiin), elements of Panca Mahabutha in the human body (Bhuwana Alit) are returned / united to Panca Mahabutha in the universe (Bhuwana Agung).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EKSISTENSI BUDAYA BALI